Helmy Halim ads

Tahun Ini, Bunga Sakura Mekar Lebih Awal di Jepang

0 436

TOKYO,PenaMerdeka – Musim bunga sakura di wilayah Jepang seperti di Tokyo, Kyoto, Nagoya, dan Fukuoka diperkirakan bakal mekar empat hari lebih awal daripada biasanya.

Perkiraan itu disampaikan langsung oleh Lembaga Meteorologi Jepang (JMC).

JMC juga mengatakan bunga sakura yang menjadi salah satu tanaman khas Jepang bakal mulai mekar pada 22 Maret di Tokyo dan mencapai fase puncak sepekan setelahnya.

Pada tahun lalu bunga sakura mulai mekar di Tokyo pada 17 Maret, sembilan hari lebih awal.

Pada tahun ini awal datangnya musim bunga sakura akan terjadi lebih dini di Nagoya. Tanggal mekarnya diperkirakan sama dengan di Tokyo.

Namun, di Fukuoka dan Kochi bunga sakura bakal merekah jauh lebih awal yaitu pada 18 dan 20 Maret 2019 mendatang.

Bunga sakura juga bakal mekar di Kyoto tiga hari lebih awal. Pada wilayah yang lebih dingin di bagian utara, bunga sakura datang lebih lambat, yakni pada akhir Maret.

Sementara di Aomori dan Hokkaido bunga sakura diperkirakan mekar pada 24 April dan 4 Mei.

Penentuan tanggal awal mekarnya bunga sakura ini didasarkan pada hasil riset selama bertahun-tahun.

“Kami mengestimasi semuanya berdasarkan suhu rendah selama musim dingin dan semi berlangsung. Dari data serta informasi lainnya,” tulis JCM seperti dikutip Channel News Asia, Kamis, (17/1/2019).

Perkiraan tersebut mencakup 1.000 lokasi tempat menikmati bunga sakura mekar mulai dari wilayah utara Hokkaido hingga dengan selatan di Kagoshima.

Pada Oktober lalu bunga sakura mekar di berbagai penjuru Jepang, enam bulan lebih awal jika dibandingkan dengan kondisi normal. Fenomena langka ini terjadi usai dua badai menerjang Jepang pada September.

Badai pada saat itu telah menggugurkan semua daun pohon sakura dan membawa udara panas dan membuat pohon sakura tersebur mengeluarkan bunga warna pink.

“Kami mendapat laporan setiap tahun bunga sakura mekar lebih awal, tapi itu hanya terjadi di beberapa wilayah tertentu,” tambah Toru Koyama, pejabat senior di Asosiasi Bunga Jepang. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Zulfikar turut berduka
Disarankan
Loading...