Taiwan Akan Punya Kapal Selam ‘Pribumi’ 2024 Mendatang

0 293

KAOHSIUNG,PenaMerdeka – Pemerintah Taiwan tengah berjuang meningkatkan kekuatan angkatan laut untuk melindungi diri dari kemungkinan serangan yang datang dari daratan China. Salah satunya, Taiwan berencana membangun kapal selam buatan sendiri.

Bentuk model kapal selam pertahanan itu pun sudah diungkapkan dalam sebuah acara yang dilangsungkan di Kaohsiung, Taiwan selatan.

Kapal selam yang bakal dibangun di dalam negeri Taiwan tersebut memiliki bagian buritan yang berbentuk silang, menyerupai kapal selam serang diesel-listrik Soryu milik dari Jepang.

Kapal selam pertama Taiwan itu direncanakan dapat diluncurkan pada 2024 mendatang.

“Kapal selam pribumi pertama ini diharapkan bakal dapat diluncurkan 60 bulan dari sekarang, dan pengiriman selesai dalam 78 bulan,” tutur Cheng Wen-lon, pimpinan perusahaan Taiwan, CSBS Shipbuilding, yang bertanggung jawab pembangunan kapal selam.

Perusahaan pembuat kapal itu memenangkan kontrak senilai 49,5 miliar dollar Taiwan atau jika di rupiah kan sekitar Rp 22,8 triliun untuk membangun prototipe kapal selam, setelah negara itu gagal menemukan pemasok asing karena tekanan dari Beijing.

Sementara itu, Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen menambahkan, meski masih ada keraguan tentang proyek itu, namun kemajuan yang ditunjukkannya menjadi sesuatu bukti yang diklaim kuat bahwa Taiwan mampu untuk membangun kapal selamnya sendiri.

“Kapal selam sangat penting dan perlu karena mampu menghalangi kapal-kapal musuh di sekitar Taiwan,” imbuh Tsai. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...