Genom Virus Corona Ditemukan Ilmuwan Rusia, Siap Produksi Vaksin

BERAWAL DARI PENELITIAN DITEMUKAN GENOM PENUH

0

MOSCOW,PenaMerdeka – Titik terang perihal vaksin sebagai obat virus corona atau COVID 19 ditemukan sekelompok ilmuan asal Rusia. Mereka berhasil menemukan kode genom virus corona secara penuh.

Penelitian yang dilakukan Ilmuan dari Smorodintsev Research Institute of Influenza berhasil berawal mengambil sample kasi pasien yang terinfeksi virus corona.

“Spesialis dari Lembaga Penelitian Smorodintsev Influenza dengan Kementerian Kesehatan Rusia mengurutkan genom penuh pertama dari virus corona SARS-CoV-2 di Rusia dari bahan yang diambil dari pasien COVID-19,” kata Penjabat Direktur Smorodintsev Research Institute of Influenza, Dmitry Lioznov seperti dilansir Tass, Jumat (20/3/2020).

Menurutnya, penelitian genetika ini akan membantu para ilmuwan memahami sifat dan evolusi virus, yang pada akan berkontribusi pada pengembangan vaksin dan metode perawatan.

Para ilmuwan juga mempelajari bagaimana cara virus tersebut berkembang secara cepat.

“Coronavirus ini baru bagi kami, jadi sangat penting untuk memiliki kesempatan untuk menentukan pola penyebaran dan pemasukannya di wilayah negara kami, dan cara virus berubah. Informasi ini akan membantu kami menyusun vaksin dan obat antivirus untuk mengobati virus corona,” jelas Lioznov.

Sebagaimana diketahui, pada 11 Maret lalu WHO secara resmi mengumumkan virus corona sebagai pandemi global. Tercatat penyakit baru ini telah menyebar ke lebih dari 170 negara.

Menurut laporan terbaru, lebih dari 210.000 orang telah terinfeksi virus di dunia, dan sekitar 8.500 telah meninggal. Ada 147 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Rusia dan satu dinyatakan telah meninggal. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...