Kejakgung Dinilai Tak Fair Beberkan Alasan Penundaan Eksekusi Terpidana Mati

Buntut ditundanya eksekusi terpidana mati sebanyak 10 orang dalam kasus narkotika di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah menuai pertanyaan. DPR-RI menyebut karena ada tekanan sehingga eksekusi ditunda, sayangnya Kejaksaan Agung dinilai tidak fair membeberkan alasan secara yuridis dan non yuridis kepada publik.

DPR meminta agar 10 terpidana mati itu segera dieksekusi.‎ Hal itu dianggap penting agar Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak dinilai tebangpilih dalam mengeksekusi para terpidana mati.

“Harus tetap dieksekusi. Jangan sampai nanti tidak dilakukan, tebang pilih. Masyarakat pasti menuntut keadilan dan itu akan dikatakan tidak adil, itu tidak bagus untuk keadilan kita‎,” ujar Ketua DPR Ade Komarudin di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sementara politisi asal Fraksi PKS yang juga anggota Komisi III DPR-RI, Nasir Djamil menilai Kejagung tidak fair membeberkan tentang alasan pertimbangan aspek yuridis dan non yuridis dari alas an penundaan tersebut. Karenanya ia khawatir akibat penundaan eksekusi sepuluh terpidana mati ‎itu lebih karena ada tekanan atau instruksi dari pihak tertentu.

“Kalau empat orang yang sudah dieksekusi itu bias bangun, mereka akan tanya, kok sepuluh orang itu enggak ditembak seperti aku, enggak adil dong, kenapa?” ujar Nasir saat dihubungi wartawan, Sabtu (30/7).

Pria kelahiran Aceh ini menegaskan tidak boleh masyarakat dibuat bingung, makanya harus clearkan persoalan ini kepada masyarakat.“Jangan disembunyikan. Kami Komisi III bingung apalagi publik,” tuturnya.

Adapun keempat terpidana mati yang telah dieksekusi yakni, Michael Titus Igweh (Nigeria), Freddy Budiman (WNI), Humphrey Ejike (Nigeria), SeckOsmane‎ (Senegal). Mereka ditembak mati pada Jumat (29/7/2016) sekitar pukul 00.45 WIB dinihari di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Berikut adalah nama-nama dan asal Negara terpidana mati yang eksekusinya ditunda.

1. OziasSibandaasal Zimbabwe
2.ObinaNwajajaasal Nigeria
3.FredderikLuttarasal Zimbabwe
4.AgusHadiasal Indonesia
5.Pujo Lestari asal Indonesia
6.Zulfikar Ali asalPaskitan
7.Gurdip Singh asal India
8.MerriUtamiasal Indonesia
9. OkonkwoNonsoasal Nigeria
10. Eugene Ape asal Nigeria
(herman/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah