Bamsoet Minta Kemendikbud dan Kemenkominfo Kerjasama Pengadaan Gawai

UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JAKARTA,PenaMerdeka – Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kemendikbud dan Kemenkominfo bekerja sama dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Bamsoet mengetahui, Kemendikbud akan memberikan kuota internet gratis kepada para guru dan siswa untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.

Kendati demikian ia menilai pemberian kuota internet gratis tak serta-merta menyelesaikan permasalahan pembelajaran jarak jauh.

Sebabnya, di beberapa daerah belum ada akses internet yang memadai. Karena itu ia mengatakan pemberian kuota internet gratis harus dibarengi dengan pengadaan infrastruktur telekomunikasi yang mumpuni.

“Kami minta Kemendikbud bekerja sama dengan Kemenkominfo agar memberikan bantuan pengadaan barang untuk sekolah yakni gawai dan membangun infrastruktur telekomunikasi,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

“Sehingga kegiatan belajar mengajar di wilayah tersebut tetap terlaksana, sebab bantuan kuota internet hanya bisa bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki gawai dan akses sinyal yang baik,” lanjut dia.

Ia pun mendorong pemerintah mengoptimalkan metode luring jika metode daring masih memiliki banyak kendala.

Kendati demikian pelaksanaan pembelajaran secara luring harus tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Pemerintah harus memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam sistem pembeljaran jarak jauh selama masa pandemi, sehingga diharapkan memberikan harapan siswa dapat mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama masa Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) sebesar Rp 9 triliun.

Hal ini disampaikan Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020). (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...