HUT RI 76

Polisi: Kabupaten Bekasi dan Kota Tangerang Capai Herd Immunity

JAKARTA,PenaMerdeka – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengklaim kalau selama 10 hari belakangan Vaksinasi Merdeka aglomerasi herd immunity mulai terbentuk di wilayah penyangga Ibu Kota. Wilayah tersebut yakni Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan Kota Tangerang, Banten.

“Tapi selama 10 hari ini. Kami bisa vaksin 846 ribu lebih atau sudah mencapai 61,72 persen dari target 1,3 juta warga,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, kemarin.

Yusri menyebutkan, sebelum ada program Vaksinasi Merdeka aglomerasi, capaian vaksin di empat wilayah tersebut masih di angka 40 sampai 50 persen. Meski begitu, pihaknya masih mengejar capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi yakni Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Dia merinci dua wilayah yang sudah mencapai herd immunity adalah Kabupaten Bekasi yang mencapai 72,64 persen dan Kota Tangerang 72,37 persen. Dengan demikian, tinggal Depok, Kota Bekasi, dan Kota Tangerang Selatan yang belum capai herd immunity. Untuk itu, Yusri mengatakan kepolisian masih berfokus pada vaksinasi aglomerasi.

“Kami tak henti di sini tapi masih lanjut terus karena masih ada vaksinasi presisi, itu kami susun apa mungkin aglomerasi bisa capai 100 persen,” kata dia lagi.

Program Vaksinasi Merdeka di Jakarta berjalan dari 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Lewat kegiatan ini, ditargetkan seluruh warga Ibu Kota telah mendapat vaksinasi COVID-19 minimal dosis 1, sehingga kekebalan komunitas ldi Ibu Kota bisa terbentuk. Gerai vaksinasi disediakan di 900 RW seluruh wilayah DKI Jakarta.

Setelah tahap vaksin dosis pertama rampung, Polda Metro Jaya melanjutkan program Vaksinasi Merdeka untuk dosis kedua, pada awal September 2021. Stok vaksin untuk dosis kedua diklaim cukup. Pada vaksinasi dosis kedua, bukan hanya Ibu Kota sasarannya. Daerah penyangga Jakarta juga akan diserbu Vaksinasi Merdeka. (jirur)

Disarankan
Click To Comments