HUT RI 76

Indonesia’s Attractiveness Index Modal Kota Tangerang Gaet Investor

Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group memberikan penghargaan kepada Kota Tangerang sebagai Kota Terbaik dan Kategori TOP 3 Investasi Potensial. Langkah bagus untuk menjalin kerjasama dalam sistem investasi dan menggaet investor bagi Kota Tangerang.

Seperti rilis yang diterima Pena Merdeka, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menyebut bahwa penghargaan Indonesia’s Attractiveness Index (IAI) secara Sumber Daya Manusia (SDM) dan alamnya maupun berbagai sarana dan prasarana yang ada, menjadi potensi tersendiri bagi Kota Tangerang untuk bisa menarik investor.

Kemudian kata Wakil Walikota, investasi yang bisa ditanam bisa dari diberbagai bidang usaha terutama yang menyangkut penyediaan kebutuhan masyarakat (barang dan atau jasa).

Keberadaan infrastruktur perkotaan yang relatif lengkap, mulai dari jalan-jalan utama, lingkungan yang ditunjang dengan keberadaan jalan tol yang menghubungkan Kota Tangerang dengan kota sekitarnya di Jabodetabek.

Bandara Internasional Soekarno Hatta yang membuat aksebilitas menuju dan dari Kota Tangerang semakin mudah dan cepat dijangkau, itu artinya, letak strategis Kota Tangerang yang dekat ke Bandara, 40 Menit ke Pusat Bisnis Jakarta, 60 Menit ke Pelabuhan Tanjung Priok dan 90 Menit ke Pelabuhan Merak memiliki potensi istimewa yang tidak dimiliki oleh kota-kota lainnya yang ada di Indonesia.

Sementara itu, dalam rangka mewujudkan iklim investasi yang sehat, Kota Tangerang dalam tiga tahun terakhir juga telah berhasil menerapkan sistem perijinan online yang membantu mempercepat proses pengajuan perijinan. Bahkan juga telah menggratiskan biaya pengurusan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP).

“Kesan berbelit dan tidak transparan kami upayakan agar hilang satu persatu menjadi mudah, cepat dan transparan,”tuturnya seusai acara penyerahan IAI Award yang digelar di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (22/09).

Dari sisi peningkatan kualitas SDM, Kota Tangerang juga telah membangun sekolah-sekolah kejuruan dan juga Balai Latihan Kerja yang bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang mumpuni dan mempunyai kompetensi untuk berkompetisi dalam kancah persaingan global.

Kuncinya ada di tangan kita sebagai masyarakat, tegas Sachrudin, di mana masyarakat adalah komponen terpenting dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, karena tanpa ada partisipasi dari masyarakat, program-program pembangunan tidak akan berjalan maksimal dan berdampak besar pada terbangunnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kemajuan daerah.

Oleh karena itu, kami berupaya untuk terus melibatkan masyarakat melalui berbagai kelompok-kelompok masyarakat didalam berbagai kegiatan pembangunan. Seperti pengelolaan sampah, pembangunan bedah rumah. Di mana Pemkot Tangerang telah melibatkan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) maupun RT/RW untuk bersama-sama bergotong royong membedah rumah bagi warga yang kurang mampu. Melalui anggaran dari Pemkot dan kebersamaan dalam semangat gotong-royong masyarakatnya.

Kemudian, guna meningkatkan pelayanan publik, Pemkot Tangerang juga terus mengoptimalkan kemajuan teknologi informasi yang ditujukan untuk mengedepankan pelayanan publik yang transparan, murah dan cepat dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis aplikasi. Di mana hingga saat ini, Pemkot Tangerang telah mengembangkan sekitar 153 aplikasi yang ditujukan untuk melakukan debirokratisasi pelayanan publik yang dikemas dalam sebuah konsep smart city.

Seperti diketahui, Kota Tangerang mendapatkan index 82.70 untuk Kategori Kota Terbaik Kriteria Platinum dan 78.03 untuk Kategori Top 3 Investasi Potensial.

Terpilihnya Kota Tangerang sebagai pemenang IAI 2016 ini, menunjukkan adanya potensi besar bagi Kota Tangerang untuk dapat menarik para investor dan pelaku bisnis dalam memajukan perekonomian daerah. Dari 138 Kabupaten/Kota dan 32 Provinsi yang menjadi nominasi IAI. (redaksi)

Disarankan
Click To Comments