Walikota Tangerang Minta Pemerintah Pusat Segera Tutup Gerbang Tol Karang Tengah

Kota Tangerang, PenaMerdeka – Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang meminta realisasi secepatnya terkait rencana pemerintah pusat untuk menghapuskan transaksi di gerbang tol Karang Tengah. Saat ini, akses masyarakat sudah terganggu karena adanya gerbang tol Karang Tengah kerap menimbulkan kemacetan sepanjang 7 Km.

“Kita sudah mengusulkan secepatnya. Tadi ada penegasan dari pemerintah pusat bahwa rencananya April 2017 gerbang Tol Karang Tengah akan dibongkar,” ujar Walikota Tangerang Arief Wismansyah saat menghadiri rapat koordinasi saat hari libur natal dan tahun baru, Senin (12/12).

Menurut Walikota menjelang liburan Natal dan tahun baru nanti potensinya akan macet karena lalu lalang pengguna jalan. Seharusnya ada rekayasa lalulintas atau sistem contraflow. Dan bisa juga dengan menambah satu akses pintu lagi tujuannya untuk mengurai kemacetan.

“Sambil menunggu proses pembongkaran, nampaknya kelak dapat dilakukan rekayasa lalu lintas, semacam dengan menambah pintu masuk atau dibuat contraflow,” ujarnya.

Diketahui pemerintah telah lama berencana melakukan integrasi pembayaran jalan tol. Kali ini adalah Tol Jakarta-Tangerang, Tol Sedyatmo yang menuju Bandara Soekarno Hatta dan Jalan Tol Tangerang Merak.

Dalam integrasi ini, salah satu langkah yang akan dilakukan adalah menghilangkan Gerbang Tol di Karang Tengah. Seperti diketahui gerbang tol ini kerap jadi lokasi kemacetan, lantaran gerbang tol ini merupakan gerbang tol utama yang melayani beberapa tujuan sekaligus yakni Tol Tangerang – Merak yang mengarah ke pelabuhan Merak, Banten, kemudian Tol Tangerang-Serpong yang mengarah ke Serpong dan Bintaro serta Jalan Tol Prof Dr Sedyatmo yang mengarah ke Bandara Soetta.

Diharapkan dengan penghapusan Gerbang Tol Karang Tengah kemacetan tersebut bisa terurai. Karena dengan sendirinya antrean kendaraan akan terurai sesuai dengan tujuannya. (agus)

Click To Comments