Patroli Humanis, Polwan Cantik Polda Banten Bersepeda Kontrol Masyarakat

Patroli Humanis Polwan Cantik Polda Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Berbeda dengan biasanya, kali ini Polda Banten menerapkan Patroli humanis di masyarakat. Biasanya dilakukan oleh Polisi menggunakan mobil dinas, namun sudah beberapa hari lalu, Polda Banten menerjunkan pasukan Polwan dengan bersepeda mengelilingi sejumlah tempat.

Cara itu dianggap efisien untuk mendekatkan pihak aparat dengan masyarakat sipil. Sehingga segala kegiatan masyarakat dapat terkontrol dengan maksimal.

Paniturjawali pada Polda Banten, Ipda Fauziatul Adfina, mengatakan sementara waktu petugas Polwan yang melakukan patroli humanis diprioritaskan untuk sejumlah wilayah terdekat saja.

Menurutnya, alasan menggunakan Polwan dan sepeda untuk kegiatan kenegaraan tersebut karena sepeda termasuk alat transportasi yang ramah lingkungan dan mampu menjangkau kepada titik titik yang sulit dikunjungi.

Termasuk, kata dia, jika menggunakan sepeda, pihaknya bisa  berdialog dengan anak anak sekolah di Taman Kanak Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Menurutnya dengan menggunakan roda dua sepeda bisa juga Polwan polwan mampir ke sekolah sekolah, SD TK. Untuk wilayah itu memang menjadi sasaran kita.

“Kalau hal lain yang ditonjolkan lebih untuk mendekatkan diri ke masyrakat, kalau dengan Polwan mereka lebih peka dan sisi humanisnya lebih tinggi dari pada laki laki. Kita menonjolkan patroli humanis dulu,” ujarnya ditemui disela sela melaksanakan tugas, Selasa (3/10/2017).

Ia menjelaskan, program patroli dengan model seperti ini termasuk hal baru, sehingga jika respon masyarakat baik dan lebih efisien akan segera dievaluasi dan dilakukan pembaharuan seperti penambahan waktu patroli dan penambahan personil.

“Mungkin nanti patroli humanis semacam ini akan setiap hari kita lakukan, tapi tidak full seharian, apa aja yang ditemukan di lapangan kita akan laporkan,” tandasnya. (rhn)

Disarankan
Click To Comments