kanal partai gerindra

KPU : Tak Lolos Rekom Tim Kesehatan Pilkada, Parpol Ajukan Calon Baru

Gedung KPU Kota Tangerang
0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang proses pendaftaran pasangan calon Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan membentuk tim kesehatan Pilkada. Nantinya tim akan memeriksa calon secara jasmani dan rohani. Jika tak lolos parpol pengusung bisa mengajukan calon baru.

Diberitakan KPU telah melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) perwakilan dari Provinsi Banten, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang, dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang.

“Kaitan pembentukan tim kesehatan Pilkada KPU Kota Tangerang pagi ini (kemarin,red) berkoordinasi dengan IDI Cabang Tangerang, HIMPSI Wilayah Banten, BNN Kota Tangerang, serta RSU Kabupaten Tangerang,” ujar Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul, Selasa (2/1/2017).

Banani melanjutkan, tim pemeriksa kesehatan ini dibentuk sesuai Undang-undang. Sebab, salah satu syarat menjadi calon walikota dan wakil walikota harus mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim.

“Tim kesehatan Pilkada bakal pasangan calon akan memeriksa pada tanggal 8 hingga 15 Januari 2018. Memeriksa aspek jasmani yang meliputi pemeriksaan kesehatan medik-fisik, aspek rohani yang meliputi pemeriksaan psikiatri dan psikologis, dan aspek bebas narkotika dan psikotropika dengan menggunakan sampel urine,” katanya.

Namun demikian ucap Banani kembali menjelaskan, tidak berarti harus bebas dari penyakit atau kecacatan, melainkan setidaknya paslon harus dapat melakukan kegiatan fisik sehari-hari secara mandiri tanpa hambatan.

“Nantinya supaya paslon tidak memiliki penyakit yang potensinya mengakibatkan kehilangan kemampuan fisik untuk lima tahun kedepan,” katanya.

Tim Kesehatan Pilkada juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa untuk mengetahui kemampuan paslon dalam melakukan observasi, menganalisis, membuat keputusan, dan mengkomunikasikannya.

Ihwal jika kemungkinan ada calon atau pasangan calon yang tidak memenuhi syarat setelah dilakukan pemeriksaan, Bahrul mengatakan, partai politik atau gabungan partai politik pengusung dapat mengganti.

“Ya, Peraturan KPU mengatur perihal itu, bahwa tim kesehatan menghasilkan rekomendasi pasangan calon tidak memenuhi syarat kesehatan jasmani rohani atau menggunakan narkotika, calon dapat diganti dengan dengan yang baru,” terangnya.

Seperti diketahui KPU Kota Tangerang juga berbarengan dengan kerja tim kesehatan Pilkada, pada bulan yang sama membuka pendaftaran pasangan calon yang dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 10 Januari 2018. Sementara untuk penetapan pasangan calon akan dilangsungkan 12 Februari 2018 mendatang. (yuyu)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Aliquam commodo Praesent leo ut luctus tempus sed