Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pertama Kali! Kaum Hawa di Saudi Nimbrung Balapan Go-Kart

46

JEDDAH,PenaMerdeka – Untuk pertama kali di Jeddah, Arab Saudi, balapan go-kart dilakukan oleh wanita. Kompetisi ini berlangsung pada Sabtu pekan lalu, di mana sepuluh kontestan berlomba memperebutkan hadiah senilai USD2.500 (Rp36,9 juta).

Kompetisi itu disponsori oleh Otoritas Umum Olahraga Arab Saudi yang diwakili Federasi Mobil dan Sepeda Motor Saudi.

Aseel al-Hamad, anggota dewan perempuan pertama dari Federasi Motor Arab Saudi mengatakan, kepada Al Arabiya English bahwa dia senang menjadi bagian dari balapan go-kart itu. Kegiatan itu tercatat sebagai yang pertama kali di kerajaan.

Menurut Hamad, ada minat yang cukup besar dari pengemudi perempuan di Saudi untuk menjadi bagian dari kompetisi.

“Babak pertama berlangsung pada bulan Juli, dan 20 kontestan dipilih karena memiliki waktu terbaik. Tur berakhir 30 Juli lalu dengan lima finalis yang lolos ke babak final,” terang Hamad seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (3/9/2018).

Dua puluh kontestan lainnya dengan waktu tercepat dipilih pada bulan Agustus. Putaran ini berakhir dengan lima finalis yang berhasil lolos pada 26 Agustus, sehingga total finalis adalah sepuluh.

Kata Hamad, pemenang balapan ini adalah Amjad al-Umry dari Saudi, yang merupakan mahasiswi teknik mesin dari King Faisal University.

Federasi Motor Arab Saudi pun sepenuhnya mendukung acara itu, dan pertama kali diterima dengan positif dari wanita muda di Saudi yang tertarik mencoba olahraga yang dianggap baru di kerajaan.

“Turnamen ini awal dari masa depan olahraga motor untuk wanita di Arab Saudi sejalan dengan Otoritas Umum Olahraga dan dukungan terhadap olahraga wanita,” kata Hamad.

Integrasi perempuan dalam olahraga di Arab Saudi hari ini yaitu balapan go-kart adalah penegasan dukungan pemerintah serta pemberdayaan perempuan Saudi di berbagai bidang. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...