HUT RI 76

Tahukah, Warna Dasar Pelat Nomor Mobil Akan Berubah, Ini Penjelasannya!

JAKARTA,PenaMerdeka – Terkait rencana realisasi kemudahan sistem elektronik, warna pelat nomor mobil pribadi rencananya akan diganti warna dari hitam menjadi putih oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Sudah fix akan ada perubahan. Kendaraan pribadi yang warna dasar hitam tulisan putih menjadi warna dasar putih tulisan hitam,” kata Kasie STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama, kepada wartawan, Kamis (26/7/2018).

Nantinya kata Bayu, alasan pergantian pelat nomor mobil pribadi dalam warna dasar karena akan memudahkan polisi mengawasi pengguna kendaraan.

Apalagi menurutnya, pemilihan warna pelat putih juga sudah melalui kajian sejumlah pakar, salah satunya pakar IT.

“Berdasarkan kajian pakar IT warna putih adalah warna yang memiliki panjang gelombang paling baik untuk ditangkap kamera CCTV. Sehingga apabila akan diterapkan tilang elektronik tingkat akurasinya paling baik dan sangat tinggi,” tuturnya.

Untuk pelaksanaannya sendiri belum ditentukan. Polri masih menunggu pengadaan peralatan alat cetak tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) karena akan ada perubahan spesifikasi menjadi lebih baik.

“Perubahan warna plat nomor kendaraan ini untuk memudahkan dalam tilang elektronik (electronic law enforcement). Selain itu, perubahan warna plat juga dilakukan agar memudahkan dalam penindakan ganjil-genap,” tegasnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya masih melakukan sinkronisasi data berupa SIM, STNK dan BPKB pada pelat nomor mobil milik seluruh pengendara di Ibu Kota. (deden)

Disarankan
Click To Comments