kanal partai gerindra

Perda Kepemudaan Kota Tangerang harus Ciptakan Pengusaha ‘Eling’

0

Akan dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Kepemudaan di DPRD Kota Tangerang, disebutkan bahwa hal yang krusial adalah persoalan mental. Pasalnya dalam Perda nanti harus menciptakan kreatifitas pengelolaan wirausaha, tetapi harus juga menciptakan pengusaha muda kompeten.

Menurut sejumlah pihak, ketika Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda), nantinya akan mendorong kewirausahaan bagi pemuda supaya dapat membuka lapangan ekonomi dan otomatis bisa menekan angka pengangguran, tetapi jika dalam aturan tidak juga menekankan penciptaan mental sosial dan aturan mekanisme penggelontoran anggaran, potensinya tidak berjalan maksimal.

“Budaya ‘eling’ (tidak lupa/malu, red) harus ditanamkan kepada pemuda. Kalau bicara nanti harus ada atau terealisasi program kewirausahaan kepemudaan. Jangan sampai pas dijejelin (digelontorkan,red) dana untuk memberdayakan kelangsungan kewirausahaan ke karang taruna dan lembaga kepemudaan lantas duitnya habis tidak karuan, kan bahayaa,” ujar Sumangku, tokoh pemuda dan Pembina Komunitas Pemuda Bloso, kepada Pena Merdeka, Selasa (7/9).

Jika kedepan mental pemuda sudah baik lantas diberi kesempatan mengelola usaha harapannya akan memberikan tanggung jawab sosial, artinya bisa memberikan peluang usaha atau kerja kepada pemuda lain.

Kemudian kata Sumangku, persoalan mental sejatinya harus juga dicerminkan oleh personal yang saat ini sudah menjabat di sejumlah oraganisasi penting atau yang menggawangi organisasi kepemudaan.

“Pemerintah harus bisa menelurkan tokoh-tokoh yang dalam lima tahun kedepan bisa menjadi soko guru dan tauladan, lalu harapannya bisa mengasuh pemuda pemudi. Jangan hanya memberikan pelatihan atau kursus-kursus seminggu atau sebulan sekali tapi tidak memberikan dampak positif lantaran tidak adanya program yang berkelanjutan,” ujar Sumangku menegaskan.

Terkait dengan kesempatan kepada pemuda di Kota Tangerang memang menurut Sumangku, harus memberikan peluang kepada individu dari manapun berasal.

“Dari suku dan etnis mana saja dalam era sekarang ini yang penting secara kompetensinya mumpuni untuk membangun, tidak ada salahnya kita harus berikan kesempatan. Ketimbang yang ada tidak ada sumbangsihnya. Jadi kembali lagi yang saya sebutkan tadi bahwa kita harus menyiapkan tokoh pemuda yang handal untuk lima atau sepuluh tahun kedepan, yakni yang baik secara lahir ataupun bathin,” katanya.

Ketika ditanya soal peran Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada sekarang ini menurrutnya sangat dibutuhkan. Tetapi ia menjelaskan kembali bahwa penempatan yang mengelola di BLK harus orang yang kompeten. Artinya bisa dilihat dari tanggung jawabnya untuk membangun pemuda supaya mendapat keahlian, tetapi jangan hanya sampai disitu saja mereka yang sudah dilatih di BLK harus ada juga penempatan kerjanya.

Makanya kedepan antara BLK dan dan system dalam Perda Kepemudaan yang akan dibahas kawan-kawan di DPRD Kota Tangerang harus serius memperjuangkan dengan artian jangan hanya mengadopsi aturan yang sudah ada saja.

“Kawan-kawan dewan juga harus mempunyai budaya ‘eling’ jangan setengah-setengah karena Negara kita sedang butuh program yang kreatifitas untuk membangun ekonomi. Bukan tanpa pasal lantaran secara ekonomi masyarakat sangat membutuhkan hal ini,” ujarnya.

Kemudian kata Sumangku, Terkait tekhnis pengawasan dalam membentuk kewirausahawan bagi pemuda kedepan adalah, membuat aturan yang kongkrit soal pengawasan penggelontoran dananya. Ada aturan yang sifatnya mengantisipasi jangan sampai dana untuk pemberdayaan wirausaha menjadi tidak tepat sasaran.

“Mungkin dalam organisasi yang akan didorong untuk mengembangkan wirausaha kepemudaan harus dimasukan nama bapak asuh yang sifatnya mengkontrol kegitan usaha. Itu salahsatu contoh langkah antisipasi yang bisa kita lakukan,” ucap Sumangku yang kini selain membina komunitas pemuda Bloso juga menjabat Lurah Sangiang Jaya, Kota Tangerang. (yuyu)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Angkasa Pura II

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

non consequat. ut luctus sed suscipit Donec